Games

Dota 2

Dota 2 adalah sekuel Dota atau Defense of the Ancients yang merupakan mode game pada Warcraft 3. Dota dan Dota 2 tergolong sebagai game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Tujuan dari setiap permainan Dota 2 adalah untuk menghancurkan Throne atau Ancient milik tim lawan. Sejak 2011, Dota 2 mempunyai ajang turnamen bergengsi yang diselenggarakan oleh Valve Corporation setiap tahun, yaitu The International.

Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO)

Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO) merupakan perluasan game First Person Shooter (FPS) berbasis tim, Counter-Strike, yang dirintis pada 1999. Selama bertahun-tahun, CS adalah game andalan skena kompetitif Amerika dan Eropa. Doug Lombardi dari Valve pernah mengatakan pada 2011, "Counter-Strike mengejutkan industri game ketika MOD yang tidak biasa menjadi game aksi PC online yang paling banyak dimainkan di dunia setelah dirilis pada Agustus 1999. Selama 12 tahun terakhir, CS terus menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan di dunia, menjadi judul utama turnamen game kompetitif….”

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends: Bang Bang adalah game garapan developer Moontoon. Tujuan utama game ini adalah menghancurkan base lawan. Mobile Legends adalah game MOBA mobile yang paling diminati di kawasan Asia Tenggara. Hal ini dapat dibuktikan lewat skena esports yang begitu hidup dengan adanya Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC), Mobile Legends Professional League (MPL), dan Piala Presiden Esports 2019.

Point Blank

Point Blank adalah jenis game PC bergenre First Person Shooter (FPS) yang dimainkan secara online. Sejak 2019, Point Blank resmi dikelola oleh Zepetto setelah sebelumnya bersama Garena. Dalam gelaran esports, Point Blank akan dipertandingkan dalam skema BO5 dalam laga Bomb Mission 5 vs 5. Dalam skala nasional, Zapetto memiliki turnamen bergengsi yang bernama Point Blank National Championship (PBNC).

Free Fire

Free Fire adalah game mobile bergenre Battle Royale dan Third Person Shooter (TPS) yang diterbitkan oleh Garena. Game ini memiliki pilihan mode bermain dalam bentuk solo, duo, dan squad. Tercatat bahwa Free Fire sejauh ini memiliki total 18 karakter dengan kemampuan khas. Sebagai salah satu game yang memiliki pemain terbanyak di Indonesia, game ini diperlombakan pada gelaran Piala Presiden Esports 2020. Banyaknya tim esports di Indonesia yang menyiapkan tim untuk Free Fire membuat Pemerintah Indonesia mempertimbangkan game ini dikompetisikan dalam gelaran tersebut.

eFootball PES 2020

eFootball PES 2020 adalah video game sepak bola yang dikembangkan oleh Konami. Sebelumnya, game ini bernama Pro Evolution Soccer (PES). Perubahan nama itu menunjukkan fokus Konami untuk mengembangkan perkembangan esports. Terbukti Konami mendukung Indonesia dalam pembentukan Liga1PES. Pada gelaran Piala Presiden Esports 2020, eFootball PES 2020 menjadi salah satu cabang yang akan diperlombakan. Dalam gelaran tersebut, kualifikasi Regional Online akan terbagi menjadi dua regional, yaitu Timur dan Barat yang diisi 512 pemain per regional.