Sistem Turnamen
1. PERATURAN PERTANDINGAN
  • Pertandingan diikuti tim dengan 5 orang anggota dan 1 orang cadangan (opsional) dan tidak diperbolehkan untuk mengganti/mendaftarkan pemain baru setelah pendaftaran dilakukan.
  • Kualifikasi Kota Online: setiap kota memiliki quota 512 tim dibagi menjadi 2 group dengan menggunakan random shufle. Di mana setiap group berisikan 256 tim dan menggunakan skema single elimination dan BO1 setiap matchnya. Setiap grup akan diambil 32 tim teratas (tim yang masuk ke dalam ronde 4) untuk masuk ke dalam kualifikasi offline kota. Pada fase ini akan menggunakan Draft Mode pada setiap pertandingannya.
  • Kualifikasi Kota Offline: setiap kota memiliki perwakilan 64 tim untuk mengikuti kualifikasi kota offline di masing-masing kota. Sistem yang digunakan adalah Single elimination dengan format Best-of-1 (kecuali Semifinal dan Grand final Best-of-3) untuk mencari 1 tim terbaik untuk mewakili kota asal dan maju ke babak Grand final. Pada fase ini akan menggunakan Tournament Mode dalam setiap pertandingannya
  • Kualifikasi Terbuka Tim Profesional Online: 256 tim yang mendaftar akan terbagi ke dalam 2 grup. Di mana setiap grup berisikan 128 tim dan menggunakan skema single elimination dan BO1 setiap matchnya. Di setiap grup akan diambil dua tim teratas untuk melaju ke babak 2 kualifikasi tim profesional online. Pada fase ini akan menggunakan Draft Mode pada setiap pertandingannya.
  • Kualifikasi Final Tim Profesional Online: 4 tim hasil dari kualifikasi tim profesional online akan masuk ke babak 2 kualifikasi tim profesional online yang berisikan 12 tim undangan IESPL dan akan memperebutkan 8 tempat menuju grand final. Pada babak ini menggunakan skema Round Robin dan akan dibagi ke dalam 2 group dengan skema Best-of-2. 2 point akan didapatkan setiap tim yang berhasil memenangkan pertandingan, 1 point akan didapatkan setiap tim apabila hasil pertandingan adalah imbang, dan 0 point untuk tim yang mengalami kekalahan. Setiap tim yang memiliki point sama, maka akan ditentukan melalui head to head, jumlah K/D/A, dan yang terakhir adalah jumlah pendapatan gold tim setiap pertandingannya. Pada fase ini akan menggunakan IB dalam setiap pertandingannya.
  • PIALA PRESIDEN ESPORTS 2019 MAIN EVENT: 8 tim hasil kualifikasi kota dan 8 tim hasil kualifikasi tim profesional akan bertanding dengan sistem Single Elimination dan format Best-of-3. Grand final akan menggunakan skema Best-of-5. Pada fase ini akan menggunakan mode turnamen dalam setiap pertandingannya.
2. JADWAL PERTANDINGAN DAN PERATURAN
  • Seluruh tim harus siap dalam kurun waktu 1 jam sebelum jadwal pertandingan.
  • Bracket kompetisi akan dipublikasikan saat Technical Meeting.
  • Tim diharapkan berada di lobi dalam pertandingan pada waktu yang ditentukan. Maksimal 10 menit waktu tunggu.
  • Jika ada tim yang tidak siap selama waktu yang ditentukan, lawan mereka dapat mengambil kemenangan otomatis dengan meng-screenshot kondisi lobi dengan menampilkan waktu yang sedang berjalan.
  • Jika kedua tim setuju, mereka dapat menunda selama maksimal 10 menit setelah waktu tunggu habis. Setelah 10 menit, apabila lobi masih belum terisi dengan penuh, maka kedua tim tersebut dinyatakan walkout.
  • Untuk menjaga agar waktu kompetisi tetap sesuai dengan jadwal, maka apabila dalam kurun waktu 10 menit kedua tim tidak dapat masuk ke dalam lobi dan tidak ada kabar, maka kedua tim dinyatakan walkout.
  • Pertandingan tidak dapat diulang setelah gelombang Creep pertama muncul.
  • Semua hasil harus dilaporkan ke admin masing-masing tepat setelah pertandingan dalam waktu yang ditentukan penyelenggara.
3. FORMAT KOMPETISI
  • Dalam kualifikasi online kota akan dilakukan single elimination yang terbagi menjadi 4 bracket dengan 128 tim di setiap bracket dan BO1 di setiap pertandingan nya. 4 tim tertinggi di setiap bracket akan lolos ke dalam kualifikasi kota offline.
  • Kualifikasi kota online berdurasi 3 hari. Kualifikasi kota offline 2 hari yang telah ditentukan oleh penyelenggara.
  • Kualifikasi kota offline diikuti oleh 64 tim yang telah terseleksi di kualifikasi online dan menggunakan sistem single elimination untuk mendapatkan 1 tim terbaik untuk mewakili kota tersebut ke dalam babak grand final Piala Presiden yang akan diselenggarakan di Jakarta.
4. PERILAKU
  • Para pemain akan menampilkan diri mereka dengan cara yang masuk akal, menjaga sikap ramah dan sopan kepada penonton, pesaing, anggota pers, staf penyelenggara, dan kepada peserta lain dari acara tersebut.
  • Pemain akan menahan diri dari penggunaan bahasa vulgar selama seluruh kompetisi. Semua aturan perilaku juga berlaku untuk mengobrol melalui konsol game.
  • Pemain diharapkan untuk bersaing secara profesional. Melempar pertandingan, menghentikan permainan tanpa sebab, atau menunjukkan kurangnya upaya menjaga sportivitas yang mencolok akan ditafsirkan sebagai pelanggaran perilaku pemain, dan akan menghasilkan penalti pertandingan dan diskualifikasi dari kompetisi
  • Penyelenggara memiliki hak untuk menerapkan hukuman (lihat Bagian Umum 2.3.8), mendiskualifikasi dan memberhentikan setiap pemain yang terdaftar dari kompetisi untuk alasan apa pun tanpa peringatan sebelumnya kepada para pemain.
5. KONDISI KHUSUS

Dalam hal terjadi masalah teknis yang menyebabkan penyelenggara untuk menyatakan restart, sebaliknya penyelenggara dapat memberikan kemenangan permainan untuk tim jika:

  • Dalam waktu 5.59 menit dari permulaan permainan (5.59 menit atau kurang), pertahankan pick hero dan ban hero sebelumnya (BP), mulai ulang permainan.
    • Jika 5.59 menit atau lebih telah berlalu, wasit akan mencari pendapat dari kedua tim sebelum membuat keputusan. Dan keputusan wasit /panitia Piala Presiden Esports 2019 dianggap mutlak.
    • Jika kedua tim setuju untuk melaksanakan pertandingan ulang, maka pertandingan ulang akan dilakukan dengan menggunakan ban/pick yang sama.
  • Permainan telah dimainkan lebih dari 5 menit pada jam pertandingan (00:05:00), Penyelenggara, atas kebijakan mereka sendiri, dapat menentukan bahwa suatu tim tidak dapat menghindari kekalahan hingga tingkat kepastian yang wajar. Kriteria berikut dapat digunakan dalam penentuan kepastian yang masuk akal:
    • Dalam situasi di mana perbedaan dalam kekayaan bersih kurang dari 800 x menit, permainan harus dibuat ulang.
    • Perbedaan total nilai tim harus melebihi 800 x menit pertandingan. Misalnya, 20 menit dalam permainan, Tim A memiliki kekayaan bersih 20.000, sedangkan kekayaan bersih Tim B sebesar 38.000. Perbedaan dalam kekayaan bersih adalah 18.000. 800 x 20 menit = 16.000. Perbedaan dalam kekayaan bersih 18.000 lebih besar dari 16.000, maka Tim B dianggap menang.
6. PINALTI
  • Setelah menemukan Anggota Tim yang melakukan pelanggaran terhadap aturan yang tercantum di atas, penyelenggara menilai semua pelanggaran secara kumulatif mulai dari kualifikasi kota untuk memutuskan intensitas hukuman dan mengeluarkan baik Peringatan , Kartu Kuning atau Kartu Merah, yang mencakup satu atau lebih hukuman berikut:
    • Peringatan lisan
    • Kartu kuning termasuk satu atau lebih termasuk kehilangan ban selama masa draft pick di pertandingan baik di pertandingan tersebut atau game selanjutnya
    • Kartu merah termasuk satu atau lebih hukuman :
      • Pemotongan uang tunai
      • Kehilangan poin permainan (bukan pertandingan)
      • Kehilangan pertandingan
      • Diskualifikasi
      • Kehilangan hadiah
      • Hak Penyelenggara
7. HAK PENYELENGGARA

Penyelenggara dapat mengesampingkan aturan yang disebutkan di atas berdasarkan situasi berdasarkan kasus per kasus, atas kebijakan mereka. Keputusan Penyelenggara bersifat final setelah proses banding.